Keistimewaan Madu untuk Kesehatan Manusia

Keistimewaan Madu untuk Kesehatan Manusia

Sejumlah riset yang dilakukan para ahli terhadap kandungan kimia madu, mengungkapkan begitu banyaknya keistimewaan madu untuk kesehatan manusia. Selain untuk pencegahan, madu juga sangat ampuh untuk mengobati penyakit.

Nah, kali ini distroherba.com akan mengupas bermacam keistimewaan yang terkandung dalam madu. Namun, karena cukup panjang, artikel ini kami bagi menjadi dua bagian. Dan ini adalah bagian pertamanya.

1. Membantu Penyembuhan Penyakit Anemia (Kurang Darah)

Madu mengandung zat-zal kimia yang sangat bermanfaat untuk menambah jumlah hemoglobin pada sel darah merah. Hal ini telah dibuktikan berdasarkan penelitian ilmiah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa madu adalah obat yang sangat bermanfaat bagi penderita anemia.

2. Membantu Penyembuhan Pengakit Infeksi Saluran Pernafasan

Cara penyembuhan penyakit infeksi saluran pernapasan dengan madu adalah cukup dengan menghirup larutan madu 10% (dicampur air panas) selama lima menit. Hasil penelitian ilmiah telah menetapkan bahwa persentase keberhasilan pengobatan dengan cara ini adalah 90%. Hal ini karena madu mengandung zat yang mudah menguap dan sangat bermanfaat untuk pengobatan. Demikian juga dengan persentase keberhasilan untuk menyembuhkan penyakit influenza.

3. Membantu Penyembuhan Penyakit Paru-paru (TBC)

Kita mungkin telah membaca sejarah ilmu kedokteran bahwa dahulu, Ibnu Sina telah menggunakan madu untuk pertolongan pertama dalam mengobati penyakit paru-paru (TBC). Begitu pun para ilmuwan barat, di antaranya adalah dokter-dokter yang mengajar di Universitas Kuyaif di Ukraina.

Pada tahun 80-an mereka meyakini bahwa madu adalah obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit paru-paru (TBC), radang tenggorokan, serta radang jaringan paru-paru. Pengobatan dengan menggunakan madu sungguh telah menampakkan hasil yang sangat menakjubkan, khususnya untuk menyembuhkan penyakit paru-paru (TBC) pada pertolongan pertama.

Bagaimana madu itu bisa menyembuhkan penyakit? Di sisi lain, para ilmuwan belum berhasil mengetahui kandungan zat dalam madu yang bisa membunuh mikroba TBC.

4. Madu Bermanfaat untuk Otot Jantung

Madu bermanfaat bagi otot jantung dalam hal keterbatasannya saat bekerja. Untuk jantung lemah, madu yang kaya zat gula, garam mineral, enzim, dan vitamin mampu membuat otot jantung menjadi kuat. Jadi, tidak salah jika madu diibaratkan sebuah apotek yang lengkap untuk mengobati bermacam penyakit.

5. Membantu Penyembuhan Gangguan Urat Syaraf

Penyakit susah tidur, pusing, dan ketegangan urat syaraf dapat diatasi dengan mengonsumsi madu. Oleh karena itu, banyak orang yang merasakan kesehatannya kembali pulih setelah meminum madu.

6. Membantu Penyembuhan Penyakit Lambung

Madu merupakan zat yang mampu melakukan reaksi alkali. Reaksi ini bisa menetralisasi asam dengan cara membentuk garam. Dengan demikian, madu merupakan obat utama yang mampu menetralkan asam lambung dan penyakit yang ditimbulkannya, seperti infeksi lambung dan usus dua belas jari.

Waktu yang paling tepat untuk mengonsumsi madu adalah saat lambung kosong dari makanan. Berdasarkan penelitian ilmiah, madu menyebabkan berkurangnya zat asam dan hilangnya nanah infeksi setelah pengobatan dengan cara diminum dalam beberapa minggu sejak masa pengobatan.

7. Membantu Penyembuhan Penyakit Hati (Liver)

Hati merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting. Hal ini karena seluruh proses metabolisme dan reaksi metabolis terjadi di dalamnya. Tidak diketahui secara pasti zat penyembuh hati yang ada pada madu. Akan tetapi, madu meminimalisir tingkat keracunan bagian dalam tubuh yang dihasilkan hati.

Yang pasti, di dalam madu terdapat bahan-bahan obat sebagian penyakit hati, seperti hati yang berminyak. Madu juga membantu perbaikan kondisi fungsi hati saat menghadapi virus radang hati.

8. Membantu Penyembuhan Penyakit Diare Kritis dan Disentri

Para pakar kesehatan telah banyak membahas tentang adanya zat-zat pembunuh mikroba pada madu. Sejumlah ucapan (hadits) Nabi Muhammad saw juga menginformasikan hal tersebut.

Jadi, jelas bahwa madu adalah obat terbaik untuk berbagai macam penyakit. Begitu banyak keistimewaan madu untuk kesehatan manusia, termasuk untuk mengobati penyakit lambung, usus kecil, dan usus besar.

(Artikel ini bersambung ke: Khasiat Madu Lebah dalam Pengobatan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *